Kini Para “Roker Mania” Harus Berangkat Kerja Lebih Pagi   Leave a comment

Mulai tanggal 2 Juli 2011, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya PT. KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) akan memberlakukan KRL commuter line (single operation). Dengan demikian seluruh KRL akan berhenti di setiap stasiun. Tidak ada lagi KRL ekspres maupun ekonomi AC. Sehingga kalau tidak mau terlambat masuk kerja, para Roker alias rombongan kereta harus siap-siap bangun dan berangkat kerja lebih pagi.

Sebelum di terapkan, kebijakan commuter line ini telah diujicobakan sebanyak 3 kali, yaitu tanggal 18 Juni, 30 Juni dan 1 Juli 2011 (hari ini). Adapun tarifnya bervariasi, yaitu : Jakarta – Bogor Rp. 7.000,-; Jakarta – Depok Rp. 6.000,-; Jakarta – Bekasi Rp. 6.500,-; Jakarta – Tangerang Rp. 5.500,- serta Jakarta – Sudimara / Serpong Rp. 6.000,-

Dengan dihapusnya kereta ekspes AC, maka para Roker yang biasa menggunakan kereta ekspres harus menempuh perjalanan 15 – 30 menit lebih lama dari biasanya. Kalau biasanya Depok – Jakarta bisa ditempuh 30 – 45 menit, kini bisa 1 jam lebih.

Menanggapi kebijakan ini, banyak opini yang berkembang. Ada yang menanggapinya dengan sikap optimis ada pula yang pesimis. Mereka yang optimis percaya bahwa kebijakan ini merupakan upaya PT. KAI untuk meningkatkan kualitas layanannya. Meskipun waktu tempuh menjadi lebih lama, tidak masalah karena sebetulnya total waktu perjalannnya sama saja. Dengan jadwal yang lebih  padat, maka para Roker tidak perlu lagi berlama-lama menunggu kereta di stasiun. Pada jam sibuk, kereta akan datang dalam waktu 10 – 15 menit. Selain itu, bagi Roker ekpres tarifnyapun turun. Kalau biasanya harus merogoh kocek Rp. 9.000,- sampai Rp. 11.000,- untuk Jakarta – Depok atau Jakarta – Bogor, kini cuma harus mengeluarkan Rp. 6.000,- untuk Jakarta-Depok atau Rp.7.000,- untuk Jakarta-Bogor. Jadi lebih hemat.

Namun, lain lagi pandangan mereka yang pesimis. Mereka beranggapan kebijakan ini suatu kemunduran, karena : pertama, PT. KAI bukannya meningkatkan kenyamanan,  justru malah memperkecil pilihan. Kalau sebelumnya penumpang memiliki 3 pilihan, KRL ekpres AC bagi mereka yang bersedia mengeluarkan kocek lebih besar dengan kompensasi lebih cepat, KRL Ekonomi AC yang lebih nyaman, namun berhenti di setiap stasiun, atau KRL ekonomi bagi penumpang yang mengharapkan angkutan murah meriah. Kini tinggal dua pilihan, KRL ekonomi atau comuter line. Keduanya berhenti di setiap stasiun.

Kedua, meskipun jadwal perjalanan lebih padat, mereka meragukan  PT. KJC bisa merealisasikan jadwal perjalanan commuter line sesuai yang telah ditetapkan. Kalau sekarang, dengan jadwal yang tidak terlalu padat saja KRL sering terlambat. Alasan kereta mogok, gangguan sinyal, gangguan wesel, sudah akrab di telinga para penumpang. Bagaimana dengan jadwal kereta yang lebih padat, apa tidak tambah krodit. Apalagi perengkatnya (kereta, rel, wesel, persinyalan) masih menggunakan perangkat lama. Dengan kondisi demikian, apa mungkin PT. KJC mampu merealisasikan jadwal yang telah dijanjikan.

Terlepas dari pendapat pro dan kontra, nampaknya kita sebagai penumpang setia KRL harus bijaksana. Kita harus berpikir positif. Kita beri kesempatan PT.KAI untuk berbenah diri. Toh dari hasil uji coba yang telah dilakukan, nampaknya tidak ada masalah yang berarti. PT. KJC nampaknya berusaha menepati komitmennya. Sejauh ini, jadwalnya tidak terlalu banyak bergeser. Hanya saja memang di jam-jam sibuk tetap saja super penuh, sehingga jauh dari kata nyaman.

Kita hanya bisa berharap mudah-mudahan kedepan pelayanan KRL commuter line jauh lebih baik lagi (Kang Agus, 2011)

Spanduk

Foto : Kang Agus, 2011

Stasiun Tanah Abang

Foto : Kang Agus, 2011

KRL Ekpres1

Foto : Kang Agus, 2011

Commuter Line

Foto : Kang Agus, 2011

KRL Ekpres2

Foto : Kang Agus, 2011

Commuter Line

Foto : Kang Agus, 2011

Commuter Line

Foto : Kang Agus, 2011

Commuter Line

Foto : Kang Agus, 2011

Posted 01/07/2011 by Kang Agus in Transportasi

Tagged with , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: