Meningkatkan Kapasitas SDM Melalui Permainan (Games)   1 comment

Di era yang serba canggih dan serba teknologi seperti sekarang ini, SDM berkualitas adalah sebuah keharusan. SDM menjadi pilar penting dalam mendukung keberhasilan suatu organisasi. Berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kepedulian dan kualitas SDM yang menggerakkan organisasi tersebut. Dengan demikian, upaya peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (caracter building) SDM menjadi hal yang mutlak dilaksanakan.

Upaya mengembangkan SDM, dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) kompetensi, pembinaan, outbond, tugas belajar, dll. Upaya pengembangan SDM juga dapat dilakukan sendiri oleh organisasi yang bersangkutan. Namun, dalam hal ini harus memperhatikan beberapa hal : (1). Komposisi SDM, sebagian besar SDM suatu organisasi merupakan kumpulan orang-orang dewasa, maka proses pembelajaran yang dipilih harus dengan metode pembelajaran orang dewasa (andragogi); (2). Iklim pembelajaran, harus diciptakan suasana pembelajaran yang memungkinkan semua peserta berbaur tanpa embel-embel jabatan; (3). Proses pembelajaran, hendaknya dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi bersama.

Dalam proses pembelajaran orang dewasa, semua peserta harus dilibatkan  langsung dalam proses tersebut, thema yang dipilih harus menarik dan aplikatif, materi praktis dan bermanfaat, Harus diupayakan untuk mengekplorasi kemampuan dan pengalaman masing-masing individu, dilakukan pengulangan terus menerus serta harus saling pengertian. Melalui proses pembelajaran tersebut, mudah-mudahan materi yang disampaikan dapat diterima dan diserap oleh masing-masing peserta.

Selain itu, terdapat metode menarik yang juga dapat dilakukan sebagai alternatif dalam pengembangan  SDM. Metode tersebut adalah  permainan (games). Melalui pemaknaan terhadap permainan yang telah dipilih dan dirancang sesuai kebutuhan orang dewasa, maka proses pembelajaran dapat dilakukan lebih efektif. Pencapaian tujuan bisa lebih mendekati harapan, karena sesunguhnya permainan tersebut lebih diminati dan juga memenuhi unsur-unsur pembelajaran orang dewasa.

Melalui permainan dapat diketahui watak / karakter tiap-tiap individu. Dan melalui permainan juga dapat diketahui kemampuan seseorang dalam memimpin (leadership), sportivitas, tanggung jawab, kerjasama, kesabaran dan masih banyak lagi. Dan yang lebih penting, permainan juga dapat membangun karakter sesuai yang diharapkan.

Namun pada akhirnya, semua yang dirancang, semua yang diharapkan pastilah tak lepas dari kemauan dan kepedulian tiap-tiap individu untuk melakukan perubahan. Keinginan tiap-tiap individu untuk membuka diri menjadi bagian yang penting dalam pencapaian tujuan pengembangan SDM. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersedia hijrah kepada kebaikan (Kang Agus, 2011).

Games

Foto : Kang Farza, 2011

Games2

Foto : Kang Farza, 2011

Games3

Foto : Kang Farza, 2011

Games4

Foto : Kang Farza, 2011

Games5

Foto : Kang Farza, 2011

Games6

Foto : Kang Farza, 2011

One response to “Meningkatkan Kapasitas SDM Melalui Permainan (Games)

Subscribe to comments with RSS.

  1. great….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: