Jakarta, Makin Dewasa Dengan Berbagai Tantangan   Leave a comment

Hari ini (22 Juni 2011) kota Jakarta berulang tahun yang ke 484 tahun. Untuk ukuran sebuah kota, usia 484 tahun tentunya bukanlah usia muda lagi. Jakarta tumbuh makin dewasa. Maka, tak heran jika Jakarta terus berkembang, makin menarik dan terus bersolek mempercantik dirinya.

Namun, diusianya yang makin dewasa tersebut, ternyata berbagai tantangan juga masih terus menghadang. Berbagai masalah perkotaan masih terus membelit dirinya, dari kemacetan, banjir, pengangguran,  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), sampai tawuran warga  yang masih sering terjadi di beberapa tempat.

Berbagai upaya memang telah dilakukan, dari penerapan jalur busway yang sempat menuai pro dan kontra dalam upaya penanganan kemacetan di ibukota, pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) untuk mengantisipasi luapan air di belahan timur Jakarta, penciptaan kesempatan kerja bagi para penganggur, serta penertiban dan pembinaan PMKS.

Namun, berbagai upaya tersebut seakan belum membuahkan hasil yang maksimal. Jakarta masih terus macet. Polusi udara dan air hampir terjadi di setiap tempat, angka pengangguran tak kunjung turun, PMKS terus bertambah, banjir masih menjadi momok yang mengkhawatirkan warga kota. Laju pertumbuhan masalah perkotaan seakan lebih cepat dari upaya untuk mencari solusinya. Sehingga permasalahan kota seakan tak pernah habis dan tak akan pernah ada habisnya.

Di ulang tahun ke 484 tahun ini, semoga bisa menjadi titik balik. Semoga pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan (stake holders) dapat bahu membahu membangun Jakarta serta bersama-sama berupaya menciptakan Jakarta yang lebih manusiawi, bersih, sejuk dan nyaman.

SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA, DIUSIANYA YANG MAKIN DEWASA SEMOGA JAKARTA MAKIN JAYA.

(Kang Agus, 2011)

HUT DKI

HUT DKI 484

HUT DKI

Ultah DKI

Foto : Kang Agus, 2011

Posted 22/06/2011 by Kang Agus in SERBA SERBI

Tagged with , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: