Belajar Dari City Expo 2011 di Banda Aceh, NAD   1 comment

Pameran produk binaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2011 telah berakhir. Gelar produk yang dikemas dalam city expo 2011 tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan rapat kerja (Raker) APEKSI dan diselenggarakan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, NAD selama 5 hari, mulai dari 28 Mei hingga 1 Juni 2011.

City Expo 2011 diikuti oleh 70 kota dari seluruh Indonesia. Pameran tersebut dilombakan antar kota, dan untuk tahun 2011 ini susunan pemenangnya adalah sebagai berikut : Juara Umum Kota Banda Aceh, Juara I Kota Tarakan, Juara II Kota Adm. Jakarta Selatan, Juara III Kota Palembang, Juara Harapan I Kota Adm. Jakarta Barat, Juara Harapan II Kota Adm. Jakarta Pusat dan Juara harapan III Kota Palangkaraya.

Raker dan gelar produk Binaan APEKSI tersebut kini telah menjadi agenda rutin tahunan, dengan lokasi digilir antar kota se-Indonesia. Tahun 2010 diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, Tahun ini di Banda Aceh, NAD dan tahun 2012 akan diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara.

Karena telah menjadi agenda tahunan, maka tiap-tiap kota hendaknya belajar dari penyelenggaraan pameran APEKSI di Banda Aceh. Proses pembelajaran ini perlu dilakukan agar gelar produk binaan ini dari tahun ke tahun makin berkualitas dan tidak hanya sekedar menjadi arena ceremony belaka.

Selain sebagai ajang membangun jejaring kerjasama antar kota se-Indonesia, sesungguhnya raker dan pameran APEKSI ini sangat strategis dalam upaya promosi kota. Jaringan ini dapat digunakan untuk membentuk dan menampilkan brand image antar kota. Dengan demikian, tiap-tiap kota harus mampu menampilkan produk unggulan yang unik/khas, merupakan kebanggaan kota serta dapat mewakili kota yang bersangkutan.

Dari penyelenggaran APEKSI 2011  di Banda Aceh, NAD terdapat beberapa catatan penting yang perlu mendapat perhatian : (1). Pameran APEKSI harus menjadi salah satu agenda promosi kota, sehingga tiap-tiap kota harus mampu mengemas informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat secara kreatif, inovatif dan informatif; (2). Produk yang ditampilkan dalam pameran harus merupakan Produk Unggulan Kota (PUK) dan dapat menampilkan ciri khas / keunikan dari kota yang bersangkutan; (3). Akan lebih baik jika produk yang ditampilan adalah merupakan hasil karya usaha kecil menengah (UKM) dan industry kecil, karena ini berada dalam kerangka pengembangan ekonomi kerakyatan; (4). Peserta pameran adalah betul-betul merupakan pengusaha UKM atau industry kecil binaan yang telah mendapat pembinaan dan pendampingan; (5). Sebagai peserta pameran, maka pengusaha UKM dan industry kecil selain menguasai produk yang dipamerkan juga harus mampu mengemban misi promosi dan membentuk brand image kota.

Dengan demikian, diharapkan semoga penyelenggaran city expo dalam rangka APEKSI tidak sekedar menjadi agenda tahunan belaka, namun harus memberikan manfaat bagi pengusaha UKM / industry kecil, pemerintah kota dan masyarakat secara luas (Kang Agus, 2011).

Apeksi 2011

Agenda APEKSI (Foto: Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Stand JAK-PUS (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Stand JAK-UT (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Stand JAK-BAR (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Stand JAK-SEL (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Stand JAK-TIM (Foto : Kang Agus, 2011)

Produk Unggulan Kota

Contoh PUK-01 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-02 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-03 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-04 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-05 (Ft : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-06 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-07 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-08 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-09 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-10 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-11 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-12 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-13 (Foto : Kang Agus, 2011)

Apeksi 2011

Contoh PUK-14 (Foto : Kang Agus, 2011)

Posted 06/06/2011 by Kang Agus in Event Kota

Tagged with , , , ,

One response to “Belajar Dari City Expo 2011 di Banda Aceh, NAD

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam Blogger,

    Kontennya sangat bagus dan menarik serta menginspirasi. Ayo.. Dukung UKM (Usaha Kecil Milyaran) Indonesia menjadi Goes Online WebPrenenur.

    Bersama ini kami dari ARWUDA INDONESIA sebuah Social Media Agency Marketing Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan menawarkan PAKET OPTIMALISASI LENGKAP yang memfokuskan pada hasil adalah membuat website banyak yang mengunjungi dan berakhir dengan CLOSING.

    Semoga terjalin hubungan yang saling menguntungkan di kemudian hari. Sukses selalu dengan terobasan barunya, makin banjir order tiap hari dan makin lancar rezekinya.

    @KrisMilyader
    WebPreneur, SEOspecialist, TwitPreneur
    WhatsApp 087854138558
    http://www.arwuda.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: