Crop Circle, Misteri di Ladang Lapang   1 comment

HEBOH ! Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan munculnya lingkaran-lingkaran yang terbentuk dari padi yang roboh di sebuah ladang padi di Dusun Rejosari, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Jogjakarta yang terjadi pada pada hari Minggu, 23 Januari 2011. Bentuk tersebut ditengarai mirip jejak benda asing Unidentified Flying Object (UFO) yang disebut crop circle.

Fenomena crop circle di ladang persawahan baru pertama kali terjadi di Indonesia. Namun, sesungguhnya crop circle sudah sering terjadi di luar negeri.Crop circle adalah suatu bentuk lingkaran dan bentuk lain seperti geometri (kebanyakan berukuran besar), dan bahkan ada juga yang biasa ditemui dalam bentuk citra mahluk hidup seperti kalajengking, bunga matahari, lebah, dll. Jejak crop circle pertama diketahui kemunculannya di Inggris pada tahun 1647. Pada perkembangannya crop circle juga diketemukan di Canada, Amerika, Australia dan Jepang. Fenomena ini umumnya muncul di musim panas dan biasanya ditemukan di ladang pertanian, terutama ladang gandum atau jagung.

Sejak kemunculan crop circle di Jogja, banyak spekulasi tentang kebenaran crop circle tersebut. Ada yang beranggapan bahwa crop cicle tersebut benar-benar merupakan jejak UFO yang hingga kini belum diketahui keberadaannya. Hal ini merujuk pada bukti-bukti, bahwa lingkaran-lingkaran yang terbentuk dari padi yang roboh tersebut membentuk pola yang rumit, rapi dan sangat sempurna. Disamping itu padi yang roboh tersebut tidak patah. Hampir tidak mungkin bila dikerjakan oleh manusia apalagi konon hanya terjadi dalam satu malam saja. Namun demikian, banyak juga pakar yang berpendapat bahwa crop cicle tersebut hanya rekaan belaka. Fenomena tersebut merupakan kebohongan. Lingkaran-lingkaran yang berbentuk simetris dan geometris tersebut sengaja dibuat oleh orang yang ingin mencari sensasi. Pendapat ini diperkuat dengan tidak adanya matrial zat berbahaya, seperti radio aktif yang ditinggalkan di areal tersebut.

Terlepas dari perdebatan terhadap kebenaran keberadaan crop circle tersebut, crop circle merupakan sebuah maha karya. Keindahan yang digoreskan diladang yang luas dalam waktu singkat menunjukkan kecerdasan dan imajinasi yang luar biasa. Kalaupun diciptakan oleh manusia, pastilah orang tersebut memiliki kreativitas, kecerdasan dan jiwa seni yang tinggi.

Apapun bentuknya dan siapapun pembuatnya, yang pasti hingga kini fenomena crop circle tersebut masih menjadi misteri. Dan tetap akan menjadi misteri hingga para pakar yang memperdebatkannya berhasil menemukan bukti-bukti yang kuat tentang keberadaan fenomena aneh tersebut. Biarlah crop circle tetap menunjukkan keindahannya, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi yang berhasil memaknainya.

FOTO-FOTO CROP CIRCLE YANG TERJADI DI BERBAGAI NEGARA :

FOTO CROP CIRCLE - 01

FOTO CROP CIRCLE - 01

FOTO CROP CIRCLE - 02

FOTO CROP CIRCLE - 02

FOTO CROP CIRCLE - 03

FOTO CROP CIRCLE - 03

FOTO CROP CIRCLE - 04

FOTO CROP CIRCLE - 04

FOTO CROP CIRCLE - 05

FOTO CROP CIRCLE - 05

FOTO CROP CIRCLE - 06

FOTO CROP CIRCLE - 06

FOTO CROP CIRCLE - 07

FOTO CROP CIRCLE - 07

FOTO CROP CIRCLE - 08

FOTO CROP CIRCLE - 08

FOTO CROP CIRCLE - 09

FOTO CROP CIRCLE - 09

FOTO CROP CIRCLE - 10

FOTO CROP CIRCLE - 10

Foto di pinjam dari : 1, 2, 3, 4

Posted 26/01/2011 by Kang Agus in SERBA SERBI

Tagged with , , , ,

One response to “Crop Circle, Misteri di Ladang Lapang

Subscribe to comments with RSS.

  1. Menurut aku, crop circle itu hanya rekayasa manusia saja tapi setelah aku liat di TV btul juga masa hanya dalam semalam manusia bisa menciptakan crop circle..

    mampir yach http://nanazbazie.wordpress.com..đŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: