Monas, Simbol Patriotisme Bangsa   Leave a comment

 

Puncak Monas

Puncak Monas (Foto : Kang Agus, 2010)

Monumen Nasional atau yang sering dikenal dengan Monas atau Tugu Monas terletak di wilayah Jakarta Pusat. Monumen ini dibangun untuk mengenang patriotisme perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan. Kini monas bukan saja menjadi kebanggaan Jakarta, tetapi juga menjadi kebanggaan seluruh bangsa Indonesia.

Tugu Monas didirikan di areal seluas 80 hektar. Bangunan dirancang oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno. Pembangunan dimulai Agustus 1959 dan diresmikan oleh presiden Soekarno pada 17 Agustus 1961. Monas dibuka resmi untuk umum mulai 12 Juli 1975.

Monas

Monumen Nasional (Foto : Kang Agus, 2010)

Monumen Nasional terdiri dari 4 bagian utama yaitu Ruang Museum Sejarah, Ruang Kemerdekaan, Pelataran, serta Obor dan Cawan.

Bagian pertama adalah ruang museum sejarah berukuran 80 x 80 meter dan dapat menampung ± 500 pengunjung. Ruangan ini berada di bawah permukaan tanah. Pada keempat sisi ruangan terdapat 51 jendela peraga (diorama) yang menggambarkan pristiwa sejarah bangsa Indonesia sampai dengan masa orde baru.

Bagian kedua adalah ruang kemerdekaan yang didalamnya terdapat atribut kemerdekaan Republik Indonesia, peta kepulauan Republik Indonesia, Bendera Sang Saka Merah Putih, Lambang Negara Bhineka Tunggal Ika dan pintu Gapura yang berisi Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bagian ketiga adalah Pelataran yang berada 17 meter diatas permukaan tanah, berbentuk persegi dengan ukuran 45 x 45 meter. Konon, perpaduan antara tinggi pelatara (17 meter), tinggi museum (8 meter) dan lebar pelataran (45 meter) sengaja dibuat dengan maksud untuk mengenang dan melestarikan angka keramat proklamasi kemerdekaan RI (17-8-1945).

Bagian keempat adalah obor yang menyala dan cawan yang berada di puncak Monas. Obor menyala atau lidah api melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang tak pernah padam dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Konon obor yang terbuat dari perunggu tersebut berdiameter 6 meter, beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas seberat 35 kg. Obor tesebut ditopang oleh sebuah cawan dengan ukuran 11 x 11 meter dan dapat menampung ± 50 pengunjung. Dari cawan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh penjuru kota Jakarta. Kini, cawan ini dilengkapi dengen teleskop untuk mebantu pengunjung melihat hamparan Jakarta dari ketinggian.

Secara keseluruhan, tugu Monas memiliki ketinggian 132 meter dan berbentuk batu obeliks yang terbuat dari marmer. Monumen ini merupakan bentuk perpaduan antara lingga dan yoni. Tugu yang menjulang tinggi berbentuk lingga (alu), sedangkan pelataran melambangkan yoni (lesung). Alu dan lesung merupakan alat rumah tangga yang terdapat di hampir setiap rumah penduduk pribumi Indonesia. Lingga dan yoni merupakan simbol kesuburan berdasarkan kebudayaan hindu, yang juga melambangkan kemakmuran bangsa Indonesia.

Monas

Monas (Foto : Kang Agus, 2010)

Keseluruhan area Monas kini dijadikan sebagai salah satu kawasan unggulan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Kawasan Monas di buka untuk umum dan digunakan untuk berbagai aktivitas, antara lain olah raga, wisata dan sarana interaksi sosial lainnya. Untuk mendukung aktivitas-aktivitas masyarakat tersebut, areal Monas dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, yaitu : jogging track, tempat parkir yang cukup luas, pusat jajanan, air mancur, stasiun kereta api Gambir, halte busway, kereta wisata, plaza Taman Monas, kolam air mancur, patung Diponegoro, taman hutan kota, sarana olah raga, kelengkapan sarana dan prasarana taman, pedestrian, amphitheater serta flora dan fauna seperti rusa tutul, burung dan aneka tanaman.

Kawasan Monas dapat diakses dari berbagai penjuru arah, yaitu melalui Jl. MH. Thamrin, Jl. Menteng Raya, Jl. Majapahit, Jl. DR. Sutomo atau melalui Stasiun Kereta Api Gambir.

Posted 21/08/2010 by Kang Agus in Pariwisata

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: