Geliat Wisata Kepulauan Seribu   Leave a comment

Pulau Seribu

Pantai Pulau Seribu (Foto : Kang Agus, 2009)

Pernahkan anda berkunjung ke Pulau Seribu ? Jawaban pertanyaan tersebut tentu sangat beragam. Tidak heran, karena konon hasil survey menyatakan hanya 10% penduduk Jakarta yang mengenal Kepulauan Seribu, dan hanya 5% dari masyarakat yang menyatakan mengenal Kepulauan Seribu pernah berkunjung ke Pulau Seribu. Ironis, Kepulauan Seribu yang notabene merupakan bagian wilayah DKI Jakarta, tapi tidak dikenal oleh masyarakat Jakarta.
Kepulauan Seribu terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan luas wilayah daratan ± 869,71 Ha, terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang berjumlah ± 110 pulau. Secara administratif, Kepulauan Seribu merupakan kabupaten termuda di Provinsi DKI Jakarta (pemekaran dari Kotamadya Jakarta utara, tahun 2001), terdiri dari 2 kecamatan, 6 kelurahan dan 11 pulau hunian. Ke 11 pulau hunian tersebut adalah Pulau Untung Jawa, P. Tidung Besar, P. Payung, P. Pari, P. Lancang Besar, P. Panggang, P. Pramuka, P. Kelapa, P. Kelapa Dua, P. Harapan dan P. Sebira. Selain pulau hunian, terdapat beberapa pulau yang telah ditetapkan sebagai pulau-pulau wisata (a.l. P. Ayer, P. Bidadari, P. Putri dan P. Sepa) serta pulau suaka (a.l. P. Rambut dan P. Onrust).
Dengan kondisi alamnya yang indah, pulau-pulaunya yang tersebar, pantainya yang masih asri, air lautnya yang belum tercemar, ikan yang masih berlimpah serta terumbu karang yang masih terjaga sesungguhnya Kepulauan Seribu memiliki potensi wisata bahari yang sangat menjanjikan. Memang, denyut wisata Kepulauan Seribu saat ini masih mengalami bebarapa kendala a.l. sulitnya menjangkau pulau-pulau tersebut karena terbatasnya sarana transportasi. Disamping itu, pengembangan wisata yang terkonsentrasi pada beberapa pulau saja berakibat pada lambatnya perkembangan sektor wisata di Kepulauan Seribu. Namun, Pemerintah Daerah beserta sektor swasta tengah berupaya sekuat tenaga untuk membangkitkan geliat wisata Kepulauan Seribu, melalui perbaikan infrastruktur dan sarana pendukung pariwisata serta promosi yang lebih intensif.
Strategi pengembangan wisata Kepulauan Seribu ke depan harus dirubah. Disamping berorientasi pada kenyamanan dan kepuasan wisatawan, pengembangan wisata di Kepulauan Seribu harus memberikan multiflier effect kepada masyarakat Kepulauan Seribu. Untuk itu strategi yang harus dikembangkan adalah :
(1). Pengembangan daya tarik obyek wisata. Obyek wisata yang ditawarkan harus memiliki unsur indah, unik, beda dan beragam. Setiap wilayah harus diberi kebebasan untuk menampilkan keunggulan pulaunya masing-masing. Misalnya, wisata sejarah di P. Panggang & P. Panjang karena di kedua pulau tersebut banyak terdapat makam-makam keramat yang telah melegenda; Budidaya penyu di P. Pramuka; Sea farming di P. Semak Daun; wisata agro di P. Tidung Kecil; Wisata mancing di P. Kelapa dan P. Harapan yang terkenal asri dan kaya ikan serta terumbu karang, dst.
2). Pembenahan transportasi, harus diciptakan moda transportasi laut yang terjadwal dan dapat menjangkau keseluruhan pulau-pulau yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata.
(3). Penyediaan fasilitas pendukung, seperti : home stay (penginapan), restaurant (rumah makan khas pulau), penyewaan peralatan pendukung wisata serta jaringan utilitas.
(4). Meningkatkan upaya promosi wisata (termasuk penyediaan cindera mata khas pulau).
Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah daerah harus bekerja keras untuk meyakinkan para investor agar turut berperan dalam pengembangan wisata Kepulauan Seribu. Komponen-komponen yang tidak menarik minat investor, hendaknya di create oleh pemerintah daerah sendiri melalui proyek-proyek pencontohan untuk mentriger masuknya investasi swasta murni.

Posted 11/08/2010 by Kang Agus in Pariwisata

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: